6 Trivia tentang negara Bangladesh

Menuliskan judul itu kesannya koq saya tau banget tentang Bangladesh ya?? 🙈

Padahal kesana aja baru sekali. Itupun cuma 4 malam. :mrgreen:

Tapiii…bolehlah yaaa…saya berbagi tentang negara yang penduduknya mirip-mirip orang India gini. 🙂

So…here we go…

1. Negara Bangladesh memiliki warna bendera yang mirip dengan Jepang. Bedanya hanya pada warna dasar. Klo Jepang warna dasarnya putih, sedangkan Bangladesh warna dasarnya hijau.

2. Walau bersebelahan dengan negara Myanmar yang mayoritas beragama Budha dan berwajah oriental, namun…jangan dibayangkan kalau wajah ke2 negara ini mirip. Mungkin karena negara Bangladesh merupakan negara pecahan Pakistan. Sehingga warganya pun mayoritas beragama Islam dan berkulit gelap.

3. Walau Bangladesh baru merdeka di tahun 1971, namun pembangunan sektor Energi Terbarukan sudah dimulai di tahun 1972. Keren kaaann!!!

4. Target pembangunan Energi Terbarukan mereka sebanyak 10% sampai tahun 2020. Dan mereka sudah punya 115ribu instalasi biogas rumah. Di salah satu desa terjauh dari kota Dhaka merupakan wilayah yang sebagian besar penduduknya di support dengan Solar Panel. Ada Kios dengan Solar Panel sehingga warga bisa menonton TV sambil memesan teh tarik atau kopi. Menarik kan?

Pemerintah sangat mensupport program Solar Panel ini di wilayah tersebut karena ternyata untuk menghubungkannya dengan listrik negara ternyata biayanya akan jauh lebih besar. Fyi, wilayah ini harus dilewati dengan perjalanan 3 jam dari kota Dhaka + 1 jam menyebrangi danau.

5. Tidak ada pemakaian plastik ketika dirimu membeli barang di sana. Yang ada yaitu kantong yag terbuat dari kertas daur ulang ataupun goodies dari kain. Keren yaaa

6. Semua truk yang ada di sana berbahan bakar gas. Mungkin karena sulit dan mahalnya BBM

Yak…itulah trivia Bangladesh yang saya ketahui. Unik dan menarik yaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *