Bertahan sampai 5 tahun di sebuah Organisasi?

Pada 21 September lalu, tak terasa saya sudah berkarya selama 5 tahun di Program Biogas Rumah (BIRU). Capaian terlama dalam perjalanan karir saya *tsaaaahhh. Di kantor Jakarta saya termasuk salah satu dedengkot di sana :mrgreen: *langsung berasa lumutan*. Tapi klo di kantor daerah sih masih ada yang lebih lama dari saya. Ada yang sejak awal mulai program BIRU malahan, yaitu tahun 2009.

Kami para dedengkot merasakan bagaimana migrasi dari Hivos (pelaksana awal program BIRU) ke Yayasan Rumah Energi, lembaga lokal yang dibentuk untuk kemudian melaksanakan program BIRU. Walau waktu itu sempat “turun gaji” karena migrasi itu, namun nyatanya yang bertahan juga ga sedikit.

Sebenernya apa sih yang membuat saya bertahun sampai 5 tahun lamanya?

1. Ada Indomie, milo, krupuk sampai telur

Bagi Rumah Energi, kesejahteraan karyawannya itu penting. Dan sederhananya, pemenuhan kesejahteraan karyawan yaitu dengan menyediakan makanan/minuman yang tidak tersedia di kantor-kantor pada umumnya. Klo Indomie, Milo dan Kerupuk sih udah lama ada. Sudah dari awal. Dan penambahan “item” telur ini sebenernya untuk mengurangi stok Indomie. Biar lebih sehat maksudnya ­čÖé .

2. Capacity Building Karyawan

Mau di level manapun, Rumah Energi memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada karyawan untuk mengembangkan ilmunya. Ga hanya training formal yang difasilitasi ya, tapi sharing ilmu antar karyawan itu juga diwajibkan. Misal, si A baru saja mendapatkan training mengenai Gender. Setelah pelatihan, karyawan tersebut wajib membagikan apa yang ia dapat kepada yang lainnya di Rumah Energi. Jadi yang berkembang ga hanya 1 orang.

3. Adanya Virtual Day

Beberapa karyawan ada yang rumahnya jauh (paling jauh mencapai 50Km dari kantor). Terkadang malah suka bermalam di kantor. Rumah Energi sih ga masalah. Karena dengan tingkat kemacetan Jakarta yang luar biasa, menempuh jarak sampai segitu pasti akan menguras tenaga dan waktu. Dan karena pertimbangan itupun, per Februari 2016 Rumah Energi memberlakukan Virtual day kepada karyawannya. 1 bulan bisa mengambil sebanyak 2x. Dengan memanfaatkan Virtual Day pastinya waktu bekerja akan lebih efisien. Memangkas waktu yang seharusnya terpakai untuk perjalanan. Lebih efektif kan?!

4. Yoga dan Cross trainer

Lagi-lagi ini karena kepedulian Rumah Energi terhadap karyawannya. Kerja keras boleh, tapi harus diimbangi dengan olahraga juga dunk!! Makanya Rumah Energi meneruskan apa yang pernah menjadi kebiasaan di Hivos. Memanggil pelatih Yoga untuk melatih para karyawannya yang berminat. Biasanya sih para cewe’-cewe’ yang ikutan yoga. 1 minggu 1 kali. Lumayan kan buat melancarkan sirkulasi darah dan melonggarkan tulang-tulang yang kaku akibat bekerja. Dan berdasarkan pengalaman karyawan yang rutin ikutan yoga, mereka jadi jarang sakit. Klo hasilnya kaya begini, kantor juga mendapatkan dampak positifnya kan?!

Dan semenjak 2 bulan lalu berkat project yang didapat atas kerjasama dengan pihak lain, sebagian fee yang didapat langsung dibelikan cross trainer. Ini namanya dari karyawan untuk karyawan. Jadi nambah 1 lagi deh aktifitas olahraga yang bisa kami manfaatkan. ­čÖé

5. Tiga macam asuransi

Bagi Rumah Energi, karyawan itu adalah aset tak ternilai. Makanya bener-bener dijaga. Caranya ya dengan memberikan fasilitas asuransi kesehatan dan jiwa. Ga tanggung-tanggung, ada 3 macam asuransi. Yaitu, asuransi swasta untuk rawat inap dan rawat jalan juga perlindungan jiwa (untuk karyawan dan keluarga). Ada BPJS kesehatan (ini optional sih. Tergantung si karyawan. Mau digabungkan dengan kantor atau dimiliki pribadi). Dan ada asuransi langsung dari Rumah Energi untuk kesehatan yang tidak dicover oleh asuransi swasta. Misal, kehamilan sampai melahirkan, perawatan gigi dan penggantian kacamata (khusus untuk si karyawan).

6. Cuti tahunan dan cuti khusus

Untuk cuti tahunan dalam 1 tahun karyawan berhak mendapatkan 17 hari cuti. Bila diakhir tahun masih tersisa, maka yang bisa dibawa ke tahun selanjutnya adalah 14 hari. Banyak kan??!! Jadi jangan heran klo awal tahun 2016 saya punya jatah 24 hari cuti. ­čśÇ Saking jarangnya cuti di tahun 2015 tuh makanya jadi banyak gitu deh.

Dan cuti khusus diberikan untuk peristiwa khusus misal cuti melahirkan sebanyak 3 bulan, cuti pernikahan sebanyak 3 hari, kematian keluarga inti 2 hari dan peristiwa khusus lainnya.

7. Peraturan Perusahaan yang transparan

Peraturan perusahaan Rumah Energi di update setiap 2 tahun sekali. Tapi tetap legal karena setiap terjadi pembaharuan akan di daftarkan ke Kemenakertrans. Setiap kali proses pembaharuan PP, seluruh karyawan dilibatkan. Jadi setiap karyawan berhak memberikan komentarnya atas peraturan yang telah berlaku. Dan menurut saya ini sangat fair sekali.

Dokumen PP pun ditaruh diserver sehingga para karyawan bisa membacanya setiap saat.

 

Nah…itulah 7 benefit yang saya dapat semenjak saya menjadi karyawan di Rumah Energi. Dan jujur sampai saat ini saya masih belum bisa untuk pindah kelain hati. Berharapnya malah supaya Rumah Energi menjadi perusahaan terakhir sebelum saya memutuskan untuk menjadi Entrepreneur sejati. Huehehehe.

Jadi..apa saja benefit yang kamu dapat dari tempatmu bekerja? ­čśë

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *