Ramping = Sehat???

Feet on a bathroom scale with the word help! on the screen. Isolated. Includes clipping path.

Setiap kali kantor ada acara perayaan –apa saja- yang pastinya menyediakan banyak makanan, beberapa kolega saya pasti akan berkomentar begini ketika melihat saya yang asyik makan. “Enak banget sih punya badan ramping kaya elo, Bieb. Mau makan banyak juga palingan nambahnya dikit. Klo gw mah boro-boro. Minum air aja berat badan bisa naik”.

Saya sih hanya bisa ikutan tertawa.

Memang enak sih punya badan yang ga gampang gemuk. Tapi saking susah gemuk, kadang saya suka dianggap kurang makan lah, cacingan lah, punya penyakit kronis sampai akhirnya saya memutuskan untuk cek lab (Alhamdulillah hasilnya bagus).

Tapi sama halnya dengan orang yang terlalu gemuk, terlalu kurus pun ternyata juga cukup berbahaya. Berikut hasil pencarian informasi mengenai bahayanya punya berat badan yang kurang:

  1. Menurunnya daya tahan tubuh

Seperti kita ketahui, orang dengan berat badan kurang atau kurus memiliki kekurangan lemak pada tubuh. Padahal lemak juga memiliki peranan penting dalam penyerapan vitamin yang larut di dalamnya. Lemak juga sebagai cadangan energi tubuh yang akan dipecah bila asupan dari luar kurang. Jika cadangan energi tidak cukup untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh, maka sistem imun kita juga akan berkurang. Dengan begitu orang dengan berat badan kurus akan cenderung gampang terserang penyakit.

  1. Anemia

Anemia itu hadir jika tubuh kekurangan hemoglobin. Dan ada tiga zat gizi yang membentuk hemoglobin dalam sel darah merah, yaitu zat besi, asam folat dan vitamin B12. Tidak sempurnanya penyerapan pada tiga zat tersebut sering ditemukan pada orang dengan berat badan kurus. Sehingga rentan sekali menderita anemia.

  1. Kerontokan rambut

Selain sebagai cadangan energy, lemak diketahui juga berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut. Ketika cadangan lemak sedikit maka rambut akan lebih tipis dan tidak sehat sehingga menyebabkan kerontokan rambut.

  1. Gangguan pada pengaturan suhu tubuh

Lagi-lagi inilah pentingnya lemak. Ketika cadangan lemak kurang, maka akan mengganggu pengaturan suhu tubuh. Akibatnya orang dengan berat badan kurang akan sering menggigil meskipun tidak demam. Hal ini adalah mekanisme alami tubuh untuk menjaga badan tetap hangat.

  1. Kolesterol

Orang dengan berat badan kurang cenderung mengabaikan apa yang dimakannya. Ya seperti saya ini, suka bebas-bebas saja melahap apa yang tersaji. Padahal ternyata hal itu sangat berbahaya. Ancaman kolesterol sangat mungkin sekali. Karena penyumbatan ternyata tidak pandang bulu. Mau gemuk, mau kurus, jika pola makan tidak diatur sedemikian rupa maka resiko kolesterol tetap ada.

 

Wah…ternyata bahaya juga ya punya berat badan yang kurang. Ada beberapa yang sering saya alami seperti Anemia, daya tahan tubuh kurang dan kerontokan rambut.

Untuk yang memiliki berat badan kurang seperti saya yuk tetap menjaga pola hidup sehat supaya terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

 

gambar dari: webkesehatan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *