Suami Penentu keberhasilan ASIX

Ketika umur kehamilan saya mencapai 5 bulan, teman kantor yang memang support ASIX dan tentunya sudah berhasil ASIX memberikan pesan kepada saya:

Bieb…yang namanya dukungan suami itu penting banget ya. Kaya’ gue nih waktu baru ngelahirin anak gw yang pertama. Awalnya waktu mertua gue yang bilang klo ASI gw dikit, gue masih bertahan. Tapi begitu suami gue bilang: “Iya…ASI kamu dikit. Kasihan tuh anak kita”. Gue langsung desperate dan menyerah. Tapi bersyukur waktu yang ke-2 ga begitu karena suami gue udah gue edukASI. 🙂

Begitu sampai rumah dan ada momen diskusi sama suami, langsung saja saya iseng tanya ke dia, apakah dia akan terus support saya jika ASI saya sedikit. Atau harus tambah sufor? Saya yang berharap dia akan menjawab : Yak…ayah akan dukung bunda terus!! ternyata harus kecewa dengan jawaban suami yang bilang kalau ASI saya sedikit terpaksa akan menyuruh saya menambahkan sufor. 🙁 Sepertinya suami harus di edukASI juga nih!!

Tapi saya bersyukur, ternyata pandangan berubah ketika dapat wejangan dari mba’ Evariny saat kami ikut kelas hypnobirthing. Kata-kata mba’ Evariny memang seperti menghipnotis. xixixixi..

Ga hanya itu sih…saya juga rajin memberikan artikel tentang pentingnya ASI dari berbagai situs contohnya dari Ayahasi.

Dukungan suami untuk kesuksesan ASI bisa dimulai dari sebelum dede bayi lahir loh. Caranya? Ya dengan pijat endorphin yang dilakukan suami kepada istri. Karena hormon endorphin yang merupakan hormon bahagia itu bisa menstimulus kelancaran ASI. Ingat…salah satu faktor ASI lancar adalah Ibu yang Happy!!

Dukungan setelah lahiran apa cukup dengan kata-kata? Oh..tentu tidak. Tingkah laku suami saat mendampingin kita juga mempengaruhi. Contohnya…menyuapi saya ketika saya sedang menyusui Raya dan tidak bisa makan sendiri. Ikut membantu mencuci popok dan kain bedong Raya. Dan yang paling penting adalah siap siaga memijiti saya ketika pundak saya pegal karena gendong Raya dan harus bangun malam ketika Raya minta nenen.

It was amazing moment!!

Saat ASI saya sedikit juga, suami yang selalu mengingatkan saya untuk selalu pompa pas weekend agar kebutuhan ASI Raya tercukupi saat saya ngantor. Pokoknya…he is a great breastfeeding father!! <3

Terima kasih suami atas segala dukungannya. Me and Raya love you!!

 

4 comments on “Suami Penentu keberhasilan ASIX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *