Arti di balik nama Raya

Ketika memasuki usia 7 bulan, saya dan suami pun gencar mencari nama untuk calon bayi kami. Mulai cari-cari di internet, sampai baca-baca buku nama-nama anak milik kakak ipar saya. Si Bapak mertua menyarankan agar nama anak itu mengandung nama Islami. Tapi si suami tidak terlalu setuju, khawatir menyulitkan si anak ketika pergi ke Negara yang agak-agak antipati terhadap Islam seperti contohnya Amerika (suami memang bercita-cita sekali agar anak kami kelak bisa sampai sekolah ke luar negeri. Aamiin). Kalau saya sih…apa saja asal artinya bagus. Karena nama merupakan doa jadi harus bagus artinya. 🙂

Sebelum USG 4D untuk tau lebih tepat jenis kelamin si calon bayi, si suami ngebet banget kepengen punya anak laki-laki. Makanya yang kami siapkan kala itu adalah nama laki-laki. Dicapailah kesepakatan nama Zeka Harmoni Malik yang berarti keseimbangan kecerdasan. karena menurut suami, kehidupan si anak harus seimbang antara ibadah, kecerdasan akademis dan juga seni.

Nah..pas USG 4D, ternyata calon bayi kami berjenis kelamin perempuan. Ya sudah…kelabakan lah kami mencari nama untuk si dede.

Dari beberapa pengajuan nama yang saya cari via internet, tapi ga ada yg disetujui oleh suami (sebel deh!). Lantas kemudian si suami mengajukan nama “Felicita” yang berarti kebahagiaan dalam bahasa Italia. Hmm..bagus juga. Saya pun setuju. Dan dikarenakan perkiraan lahir jatuh di bulan Syawal, maka saya pun menambahkan kata “Syawali”. Untuk kata ke-3 haruslah nama si ayah menurut saya, yaitu “Malik”. Jadilah “Felicita Syawali Malik”  yang berarti Kebahagiaan Malik di bulan Syawal.

Tapi ternyata sampai bayi kami lahir pun suami masih ragu dengan nama itu. Seperti kurang sreg. Addduuhh…si ayah gimana sih. Sampai saat suster menanyakan nama anaknya siapa -saat lahir- suami menjawab, belum tau sus..nanti saja. ckckckckck.

Dan tiba-tiba suami bertanya kepada saya, gimana kalau namanya “Ananda Raya”? Saya yang ga terlalu suka nama yang pasaran agak kurang setuju. Nama tetangga Ananda, sepupu suami pun bernama Ananda. Tapi sepertinya suami pun kekeuh. Apalagi setelah melihat bayi kami tersenyum ketika ditanya namanya “Ananda Raya”. Ya sudah…bundanya ikut aja lah.

Lalu..apa arti Ananda Raya Maliq?

Artinya ya sama aja sih sama Felicita Syawali Malik. Hanya mengambil dari bahasa yang berbeda.

Ananda dalam bahasa sansekerta berarti Kebahagiaan

Raya berarti luas, besar. Maksudnya juga karena lahir di bulan Hari Raya “Syawal” dan juga kami berdoa agar Raya memiliki hati yang luas.

Maliq : nama ayahnya

Jadi Ananda Raya Maliq berarti Kebahagiaan Malik yg besar. 🙂

One thought on “Arti di balik nama Raya

  1. Aaak, padahal Felicita lucuuuk! Trus kalo nanti punya anak lagi yang harmonika itu juga bagus kaak.. But anyway,, Ananda juga oke ah, gak terlalu kearab2an yang bikin bosen gitu. Hihihi.. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *