Hypnobirthing bikin makin lengket sama suami??

Loh…ini kelas hypnobirthing apa kelas mengatasi problematika bersama pasangan?? :mrgreen:

Eh..tapi bener koq. Jadi…hypnobirthing ga akan berjalan kalau tidak ada kerjasama yang baik antara istri dan suami. Itulah mengapa peran suami untuk ikut kelas hypnobirthing ini juga penting. Selain agar suami mengerti apa yang akan dihadapi oleh istri, juga agar suami bisa melakukan persiapan mendampingi istri. Makanya di file relaksasi yang diberikan oleh mba’ Evariny  juga disertai musik untuk suami agar bisa tenang. Ingat…aura positif atau negatif itu menular. Kalau si suami tegang, panik, istri yang sedari awal udah panik juga tambah panik. Kalau istri tegang, cemas karena kontraksi yang uuhhmm…katanya memang nikmat itu…ketenangan suami pasti akan sangat membantu.

Nah…di hari ke-2 kelas Hypnobirthing dari infohamil yang saya ikuti bersama suami, dijelaskan, diajarkan dan dipraktekkan bagaimana bentuk kerjasama dari suami. Mulai dari…teknik mengurangi kesakitan yang dirasakan istri saat menghadapi kontraksi, sampai diajarkan pijatan yang dapat menstimulasi keluarnya hormon endorphin yang penting untuk kenyamanan istri dan janin dalam menghadapi persalinan. Pijatan yang harus dilakukan dengan…ehm…telanjang dada ini (ga hanya si istri yang “telanjang”, tetapi juga si suami. hahay :mrgreen: ), diiringi dengan musik relaksasi yang diisi dengan suara-suara mba’ Evariny yang mensugesti otak istri, suami dan janin agar nyaman, merasakan kebahagiaan yang akhirnya menciptakan tubuh yang relaks. Dan pijat endorphin ini harus rutin dipraktekkan saat kandungan memasuki minggu ke-36.

Di hari ke-2 ini juga dijelaskan tahapan kelahiran. Diperlihatkan juga secara animasi bagaimana proses kelahiran normal yang ternyata sebenarnya si bayi sudah tau bagaimana dia harus keluar. Si Ibu hanya membantu dengan mengejan. Tidak perlu ditarik oleh dokter/bidan.

Diperlihatkan juga video bagaimana proses IMD alias Inisiasi Menyusui Dini. Bagaimana dengan mengandalkan bau air ketuban yang menempel di tangannya, si bayi bisa mendekati puting si Ibu. Subhanallah deh!! Ga kebayang kan, bayi yang baru lahir bisa bergerak-gerak menghentakkan kakinya merangkak di atas perut si Ibu menggapai puting. IMD ini penting loh untuk keberlangsungan ASI si bayi kedepannya. Karena jika Benar awalanya, maka bisa dipastikan sukses menyusuinya. Seperti video dari AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) ini:

Benar awalnya, sukses menyusuinya

Pasti sering denger kan…yang namanya melahirkan normal biasanya vagina “dirobek”? atau secara medis dikenal dengan prosedur “episotomi”?? Sebenarnya, Episotomi merupakan prosedur standart yang akan dilakukan oleh Rumah Sakit untuk memudahkan bayi bisa keluar. Tapi…ga jarang koq seorang Ibu yang melahirkan tanpa perlu dilakukan episotomi. Nah…si mba’ Evariny memberikan trik nya. Yaitu dengan mempersiapkan kelenturan vagina. Gimana caranya?? Ya dengan dipijat. Jadi…minyak yang di berikan oleh mba’ Evariny di sebuah botol kecil adalah minyak VCO alias Virgin Coconat Oil. Minyak tersebut diolesi ke Ibu Jari kita untuk memijat -maaf- lubang vagina. Yang dipijat pun tidak seluruh lubang. Karena ada titik tertentu yang jika ditekan maka akan memicu keiinginan untuk pipis. Allah sudah mempersiapkan tubuh kita untuk bisa mengeluarkan bayi sebesar itu dari lubang yang kecil. Jadi…ga perlu takut. Saya pasti bisa melahirkan tanpa episotomi *sugesti untuk diri sendiri* 🙂

Seneng ya…dapat ilmu yang bener-bener bermanfaat dari kelas Hypnobirthing yang saya ikuti. Harga yang dikeluarkan memang tidak sia-sia. Insya Allah berguna banget.

Thanks untuk @infohamil dan mba’ Evariny. *bighug*

gambar diambil dari sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *