Trimester 1 – Beneran hamil ga siiihhh???

Sebagaimana di postingan saya yang ini, yang ternyata (akhirnya) diketahui bahwa sudah ada makhluk baru di rahim saya. ๐Ÿ˜€

Lalu…apa yang terjadi selama Trimester 1 (0-3 bulan)??

Morning sickness?? engga’. Sama sekali ga ngerasain morning sickness. Di awal-awal malah suami saya yang ngerasain. ๐Ÿ˜€ .ร‚ย  Selama 3 bulan pertama bisa dihitung pakai jari saya muntah berapa kali. Hehehe. Nikmat ya?!

ร‚ย Tidak nafsu makan?? hmm…ga juga sih. Makan biasa. Walau porsinya agak berkurang.

Ngidam?? Ini entah karena si bayi pengertian ke ayahnya atau gimana ya?! Jadi…pas tau saya hamil, si suami langsung elus-elus rahim saya dan bilang “ngidamnya jangan aneh dan susah ya!!”. Dan jadilah saya ngidamnya ga ngoyo dan terbilang jarang kepingin ini-itu. Di awal-awal cuma kepengen kerupuk mie juhi dan sup ikan guramenya IBC :D. Saking jarang kepengen ini-itu, tiap minggu sore suami ajak keliling Apron dimana bertebaran jajanan mulai dari mini molen, Tutu, pisang bakar sampai chicken stik. Siapa tau kalo liat jajanan banyak gitu ada yang saya pengenin. Hehehe

Payudara membesar?? engga’. Sampai bulan ke-5 juga ga’. Ini malah yang bikin saya cemas. Khawatir kelak produksi asi saya tidak cukup ๐Ÿ™

Berat badan menurun atau bertambah drastis?? Seperti artikel-artikel yang saya baca di internet, bahwa di trimester 1 ada kemungkinan BB akan menurun karena morning sickness. Hal ini Alhamdulillah tidak saya alami. Atau…bertambah drastis seperti si istrinya Solmed?? engga’ juga. BB saya hanya nambah 1 Kg selama 3 bulan. Sempat ada kekhawatiran dari si Ibu mertua dan suami. Khawatir bayi tidak berkembang. Tapi Alhamdulillah tiap kali periksa kehamilan, si dokter selalu mengatakan BB si janin cukup normal untuk ukurannya. *lega*

Dan beberapa hal ini yang saya alami ketika Trimester-1.

1. Kerja dengan mengendarai motor

Hihihi..saya badung ya?! Ya…abisnya klo naik angkot malah lebih capek lagi. Ini kondisinya karena suami sedang ada project di Cengkareng. Jadi tidak bisa tiap hari mboncengi saya. Ya sudah…bismillah. Dan Alhamdulillah ga berakibat apa-apa pada si janin. Beda halnya dengan yang dialami oleh teman atau kk ipar saya. Naik tangga aja nge-flek ๐Ÿ™

2. Jerawat

Nah..klo yang ini ga tau karena efek hormon yang lg tumpah ruah atau krn faktor air di Kemayoran yang ga bagus. Emang sih..sejak tinggal di Kemayoran, jerawat datang satu per satu. Tapi..begitu hamil…jerawat yang 1 belum ilang eh..udah numbuh jerawat lagi. Hiks… Ada yang bilang ini karena bawaan orok. Hmm..entahlah.

3. Kekebalan tubuh yang rentan banget

Masa’ cuma gara-gara abis dari pasar eh..alergi saya kambuh. Alhasil, pilek tiada henti selama 1 minggu. Ditambah setelahnya batuk yang membandel. Belum sembuh pileknya, eh..temen kantor ada yang lg flu berat juga dan sempat menyentuh saya. Ya sudah…bersin-bersin tiada henti lagi. Kesian si debay nya (dede bayi) kan?! Tekanan-tekanan disaat saya bersin-bersin dan batukร‚ย  pastinya bikin janin terganggu. Sempat diminumin Redoxon (atas resep dokter). Tapi karena saya khawatir dosisnya terlalu tinggi, ya sudah tidak saya tuntaskan sampai habis. Pas bulan berikutnya kontrol ke dokter lagi (kebetulan kali itu beda dokter), akhirnya si Ibu Dokter memberikan Obat flumucil. Obat ini cukup aman. Ada versi bubuk (diseduh pakai air, biasanya buat bayi) dan ada versi kapsul seperti yang saya minum.

Macam-macam yang dialami seorang calon ibu ketika hamil. Tapi..bagi saya, seberat apapun itu kehamilan merupakan suatu anugerah. Dan saya perlu bersyukur karena bisa langsung merasakannya ๐Ÿ™‚

2 comments on “Trimester 1 – Beneran hamil ga siiihhh???

  1. kebayang ya kalo jadi wanita hamil gitu.
    untung saya jadi laki-laki.
    ini baru tri semester awal. gimana ntar kalo udah mendekati persalinan..

    ckck

  2. Wah, selamat ya mbak.
    Mengandung anak yang keberapa ni mbak?
    Btw, berbeda drastis dengan kakak ipar saya yang juga lagi hamil.
    BB-nya turun dan hampir tiap hari ngalami morning sickness.
    Syukur saya bukan cwek, hihihi ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *